::: Pacitan News Online :::
 
 
 
  Sat, 1 November 2014
 
 

Untitled Document
CARI BERITA

Masukkan kata :

ARSIP BERITA

November, 2014

Oktober, 2014

September, 2014

Agustus, 2014

Juli, 2014

Juni, 2014

Mei, 2014

April, 2014

Maret, 2014

Februari, 2014

Januari, 2014

Desember, 2013


Disponsori oleh :




Halaman Berita





[ 06/05/2013, 14:08 WIB ]
Camat Dan Kades Harus Berani Kembangkan Potensi Wilayah


 
Keanekaragaman potensi, baik sumber daya alam maupun produk unggulan di kabupaten Pacitan berpeluang besar untuk dikembangkan. Asalkan, ada inisaitif yang kuat dari masyarakat serta dukungan yang besar dari pemangku wilayah
Pernyataan itu diungkapkan tokoh penggerak Pos Pemberdayaan Masyarakat (Posdaya) Haryono Suyono dihadapan ratusan peserta pelatihan posdaya berbasis masjid di pendopo kabupaten, Senin (6/5). Sentilan tokoh nasional kelahiran Pacitan itu bukan tanpa alasan. Kabupaten Berjuluk Seribu Satu Goa ini memiliki pesona wisata yang mengagumkan serta berbagai produk lokal yang layak jual.

Hanya saja, mantan Menko Kesra dan Taskin itu menilai, semuanya masih membutuhkan sentuhan dan manajemen yang baik agar dapat bersaing. Untuk itu kepada pemangku wilayah baik Camat maupun Kepala desa jangan ragu dan setengah hati membuka diri dan mempromosikan potensi wilayahnya. Dan keberadaan Posdaya diharapkan menjadi jembatan menuju cita-cita tersebut. Guna mewujudkanya, posdaya memiliki relawan terlatih yang siap membantu.

Saat ini posdaya di Pacitan telah berkembang cukup banyak dan tersebar di semua wilayah di Kabupaten Pacitan.Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Mulyono, dalam dua tahun perkembangannya telah berdiri sebanyak 2.050 posdaya di Pacitan. Seperti halnya dengan program Grindulumapan, keberadaan posdaya ini diharapkan mampu mewujudkan masyarakat yang sejahtera. Karena sesuai tujuan awal, posdaya adalah memperkuat delapan fungsi keluarga. Yakni, iman dan taqwa, pengembangan budaya bangsa serta perlindungan, Fungsi lain adalah cinta kasih, kesehatan, pendidikan, kewirausahaan dan lingkungan.

Melalui delapan fungsi tersebut maka posdaya harus berhasil mewujudkan waras, wasis, wareg, mapan serta sejahtera. Posdaya  juga menyiapkan berbagai pelatihan bagi masyarakat khususnya warga tidak mampu. Seperti pembuatan tahu skala keluarga, pelatihan jahit, tukang cukur, salon serta industri keripik.(Riz)

 
 
 
Powered by PDE Pacitan © 2008, untuk pacitankab.go.id
Berita adalah properti kontributor, kami tidak bertanggung jawab atas isi berita yang ada dalam situs ini.
Situs ini kan lebih maksimal berjalan pada resolusi 1024 X 768 dan di Browser IE 5+