::: Pacitan News Online :::
 
 
 
  Sat, 29 November 2014
 
 

Untitled Document
CARI BERITA

Masukkan kata :

ARSIP BERITA

November, 2014

Oktober, 2014

September, 2014

Agustus, 2014

Juli, 2014

Juni, 2014

Mei, 2014

April, 2014

Maret, 2014

Februari, 2014

Januari, 2014

Desember, 2013


Disponsori oleh :




Halaman Berita





[ 15/05/2013, 14:04 WIB ]
Hindari Konflik Pemilu Dengan Deteksi Dini


 
Tahun 2013-2014 merupakan tahun politik bagi Bangsa Indonesia. Dalam kurun waktu tersebut agenda pesta demokrasi benar-benar merata mulai pusat hingga daerah. Seperti, Pemilu memilih Presiden dan wakil presiden, Pemilu Legislatif hingga Pemilu Kepala Daerah
Maraknya pesta demokrasi ini menurut Kanit 3 Subdit Politik Polda Jatim Kompol Bahrun Nasikin juga berpotensi masalah. Hal itu dikatakanya, saat paparan sosialisasi Kamtibmas pilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur di pendopo Kabupaten Pacitan, Selasa (15/5). Resiko akan adanya konflik itu tegas Bahrun, sangat mungkin terjadi dalam persaingan politik.

Kelancaran pemilu dapat terwujud jika upaya prefentif terhadap potensi konflik dapat terdeteksi. Dan yang paling utama adalah bagaimana proses demokrasi itu berjalan baik serta dapat diterima semua pihak. Mulai dari regulasi, penyelenggara pemilu, Peserta pemilu, DPT yang akurat hingga kelengkapan logistik.

Panasnya suhu politik menjelang pemilu mungkin dapat diantisipasi dengan mendeteksi dini sumber potensi konflik. Sebaliknya,dengan situasi yang sangat kondusif sekalipun bukan jaminan tidak muncul masalah. Seperti dikatakan Komandan Kodim 0801 Pacitan Letkol Kavaleri Susanto Dwi Asmara, kondisi adem ayem dapat menjadi titik lemah jika tidak waspada. Apalagi Seperti Kabupaten Pacitan yang sebentar lagi akan melaksanakan pemilihan kepala desa serentak.

Menurut Sekretaris daerah Pacitan Mulyono,tahun 2013 ini ada 118 kepala desa yang habis masa jabatanya. Dari jumlah itu sebagian besar purna di bulan Juni dan sebagian lainya di bulan Mei.Khusus yang habis Juni, maka pemilihanya akan dilaksanakan serentak. Selain efisiensi waktu hal itu dilakukan untuk menciptakan pemilu yang jujur. Dengan waktu yang bersamaan diharapkan tidak ada upaya curang yang dilakukan oleh oknum tertentu yang dapat mencederai hasil pemilu, seperti perjudian.(Riz)

 
 
 
Powered by PDE Pacitan © 2008, untuk pacitankab.go.id
Berita adalah properti kontributor, kami tidak bertanggung jawab atas isi berita yang ada dalam situs ini.
Situs ini kan lebih maksimal berjalan pada resolusi 1024 X 768 dan di Browser IE 5+