::: Pacitan News Online :::
 
 
 
  Tue, 23 December 2014
 
 

Untitled Document
CARI BERITA

Masukkan kata :

ARSIP BERITA

Desember, 2014

November, 2014

Oktober, 2014

September, 2014

Agustus, 2014

Juli, 2014

Juni, 2014

Mei, 2014

April, 2014

Maret, 2014

Februari, 2014

Januari, 2014


Disponsori oleh :




Halaman Berita





[ 24/11/2011, 15:33 WIB ]
Sekda: Minta Desa Terbitkan Regulasi Pembatasan Penebangan Pohon Penyimpan Air


 
Kelestarian sumber daya air masih menjadi persoalan serius dikabupaten Pacitan. Apalagi, dengan kondisi topografi kabupaten wilayah diujung selatan Jawa Timur ini, yang sebagian besar pegunungan kars. Belum lagi berkurangnya populasi tanaman dikawasan sumber yang berakibat menurunya debit air
Dengan kondisi tersebut, penyelamatan Sumber air menjadi hal yang wajib. Hal ini untuk menghindari bencana kekeringan yang lebih berat. Penegasan itu disampaikan Sekretaris Daerah Pacitan Mulyono saat sosialisasi Bidang sumber daya alam, Konservasi Kawasan Sumber Air di Pacitan (24/11). Apalagi, tandas Mulyono,  hutan di Pacitan  97 persen lebih adalah hutan rakyat.Untuk itu, konservasi kawasan sumber air harus ditangani dengan tepat. Sehingga rakyat tidak merasa dirugikan, dilain sisi, kelestarian hutan tetap terjaga.

Mulyono juga minta kepala desa sebagai ujung tombak pemerintah, pro aktif mendampingi rakyat  menjaga keseimbangan vegetasi hutan.Bahkan jika perlu, diterbitkan peraturan desa (Perdes), untuk mengendalikan penebangan yang berlebihan.Khususnya untuk jenis tanaman tertentu seperti, Trembesi dan Aren. Ketiga tanaman tersebut memiliki daya serap air tinggi.  Bahkan, Pemerintah Daerah sendiri melalui surat edaran bupati juga minta ada pengendalian penebangan bagi kedua komoditas tersebut.

Pola penanganan ini merupakan investasi jangka panjang untuk mempertahankan kelestarian sumber daya air. Untuk penanganan jangka pendek, Pemkab bersama perusahaan air minum daerah melakukan droping air bersih bagi daerah-daerah zona merah rawan kekeringan. Pemenuhan infrastruktur juga tengah diupayakan. Seperti pemenuhan instalasi distribusi air bersih melalui pipanisasi serta pembangunan bendungan baik skala kecil dan menengah.

Selain Trembesi dan Aren, jenis tanaman lain yang baik untuk serapan air adalah Beringin, Bendo, gayam serta bambu. Dari berbagai jenis tanaman itu pohon bambu merupakan salah satu tanaman yang baik dikembangkan dikawasan sumber air. Selain dapat tumbuh dilahan basah maupun kering tanaman bambu juga tidak membutuhkan perawatan lebih. Keuntungan lain dari tanaman bambu adalah memiliki nilai konservasi tinggi karena mampu memberi kekuatan permukaan tanah.(Riz)

 
 
 
Powered by PDE Pacitan © 2008, untuk pacitankab.go.id
Berita adalah properti kontributor, kami tidak bertanggung jawab atas isi berita yang ada dalam situs ini.
Situs ini kan lebih maksimal berjalan pada resolusi 1024 X 768 dan di Browser IE 5+