::: Pacitan News Online :::
 
 
 
  Thu, 2 October 2014
 
 

Untitled Document
CARI BERITA

Masukkan kata :

ARSIP BERITA

Oktober, 2014

September, 2014

Agustus, 2014

Juli, 2014

Juni, 2014

Mei, 2014

April, 2014

Maret, 2014

Februari, 2014

Januari, 2014

Desember, 2013

November, 2013


Disponsori oleh :




Halaman Berita





[ 09/09/2012, 19:08 WIB ]
Promosikan Potensi Budaya Pemerintah Gelar Pesta Kesenian Rakyat Mataraman


 
Pengembangan sektor wisata harus diawali rasa bangga masyarakat terhadap potensi budaya yang dimiliki. Hal itu dapat menjadi sinergi yang ampuh dan menarik jika dipadukan dengan pengenalan obyek wisata yang ada dengan kemasan atraktif.
Demikian dikatakan Ukus Kuswara, Sekjen Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif usai membuka Pesta Kesenian Rakyat Mataraman di Pacitan, Sabtu petang. Ukus mencontohkan, Batik Motif Pace atau mengkudu yang merupakan ikon Kota 1001 Goa akan menjadi populer jika dalam tiap kesempatan ditampilkan. Termasuk diantaranya digunakan sebagai kostum resmi berbagai acara kenegaraan. Tentu saja, mereka yang datang dari daerah lain akan mengenal Batik Pace dan tertarik memilikinya.

Disisi lain, terang pria yang sudah beberapa kali datang ke Pacitan tersebut, promosi media juga memegang peranan penting. Terlebih di era teknologi informasi, akses antar daerah maupun negara tidak mengenal batas ruang dan waktu. Tentu saja ini menciptakan peluang baru bagi daerah, termasuk Kabupaten Pacitan untuk mendatangkan wisatawan sebanyak-banyaknya.

Pada kesempatan sama, Bupati Pacitan Indartato menyatakan penghargaannya atas prakarsa pemerintah menggelar Pesta Kesenian Rakyat Mataraman di daerah yang dipimpinnya. Hal itu diharapkan menjadi ajang promosi sekaligus memperkuat kerjasama lintas wilayah. Targetnya adalah peningkatan pendapatan dari sektor wisata dan ekonomi kreatif. Apalagi, kata Indartato, kontribusinya terhadap APBD saat ini baru sekitar 4 persen.

Pesta Kesenian Rakyat Mataraman berlangsung 2 hari hingga 9 September 2012. Pagelaran menampilkan seni budaya asli dari 20 daerah di wilayah Bakorwil Madiun dan sekitarnya. Termasuk diantaranya dari Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara juga dimeriahkan penampilan Band Ibukota D\'Massive dan ditutup dengan Pentas Wayang Kulit semalam suntuk. (Pur)

 
 
 
Powered by PDE Pacitan © 2008, untuk pacitankab.go.id
Berita adalah properti kontributor, kami tidak bertanggung jawab atas isi berita yang ada dalam situs ini.
Situs ini kan lebih maksimal berjalan pada resolusi 1024 X 768 dan di Browser IE 5+